JAKARTA
081274203815

Email
tri.yudhifathoni@sinarmetrindo.co.id

Blog

Komponen Komponen Panel Listrik Beserta Fungsinya

Panel listrik merupakan bagian penting dalam sistem tenaga listrik di industri. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai komponen utama dari panel listrik beserta fungsinya. Memahami komponen-komponen ini akan membantu dalam memahami bagaimana panel listrik bekerja dan mengapa setiap bagian penting untuk operasi yang aman dan efisien.

1. Sakelar Utama (Main Switch)

Sakelar utama adalah komponen pertama yang terpasang pada panel listrik. Fungsinya adalah untuk mengontrol aliran listrik dari sumber pasokan ke panel listrik. Sakelar utama juga digunakan untuk memutuskan aliran listrik secara keseluruhan saat perlu dilakukan pemeliharaan atau perbaikan.

2. Sakelar Sirkuit (Circuit Breaker)

Sakelar sirkuit adalah komponen yang berfungsi untuk melindungi sirkuit listrik dari beban berlebih dan korsleting. Ketika arus listrik melebihi batas aman, sakelar sirkuit akan memutus aliran listrik secara otomatis, mencegah terjadinya kerusakan pada peralatan dan bahaya kebakaran. Beberapa contoh komponen ini adalah ACB, MCCB, dan MCB.

3. Kontaktor (Contactor)

Kontaktor adalah komponen elektromagnetik yang berfungsi sebagai sakelar untuk mengontrol aliran listrik ke peralatan atau mesin. Kontaktor umumnya digunakan untuk mengendalikan motor listrik dan peralatan besar lainnya. Fungsinya adalah untuk mengurangi beban pada sakelar sirkuit dan memperpanjang umur sakelar tersebut.

4. Indikator Arus (Current Indicator)

Indikator arus adalah komponen yang digunakan untuk memantau arus listrik yang mengalir dalam sirkuit. Dengan memantau arus listrik, operator dapat mengetahui apakah aliran listrik berada dalam batas aman atau terjadi kelebihan beban.

5. Pengaman Kelebihan Arus (Overcurrent Relay)

Pengaman kelebihan arus adalah komponen yang berfungsi untuk mendeteksi dan melindungi sirkuit listrik dari arus berlebih. Ketika terjadi kelebihan arus, pengaman ini akan memutus aliran listrik secara cepat, mencegah terjadinya kerusakan pada peralatan dan bahaya kebakaran.

6. Metering atau Alat Ukur

Metering ada dua jenis yaitu multi meter atau power meter dan metering analog. Komponen yang wajib biasanya adalah metering untuk arus, tegangan, frekuensi, qosphi dan daya. Jika menggunakan komopenen analog maka semua komponen alat ukur yang dibutuhkan harus disediakan. Berbeda dengan power meter sudah masuk dalam satu komponen untuk semua parameter alat ukur yang dibutuhkan.

7. Aksessories

Komponen selanjutnya adalah komponen aksessories, seperti push button, pilot lamp, fuse, aom, relay dan terminal blok. Jika panel yang dibuat adalah panel control maka akan ada beberapa komponen yang harus ditambahkan sesuai dengan kebutuhan, misalnya panel pompa perlu komponen water level control atau wlc dan masih ada komponen aksessories lainnya seperti Arrester dll.

8. Main Busbar

Cu (tembaga) main busbar adalah bagian penting dari sistem distribusi daya listrik. Main busbar berfungsi sebagai saluran utama yang membawa arus listrik dari sumber daya ke perangkat dan beban lainnya dalam suatu instalasi. Tembaga dipilih sebagai bahan utama karena memiliki konduktivitas yang sangat baik, tahan terhadap korosi, dan memiliki sifat mekanis yang baik.

Main busbar umumnya terletak di dalam panel listrik atau pusat kontrol motor. Desain dan ukuran main busbar harus memadai untuk menangani arus listrik yang diperlukan oleh sistem. Pemilihan tembaga sebagai bahan main busbar juga mendukung efisiensi dalam penghantaran daya, mengurangi resistansi dan panas yang dihasilkan selama operasi.

Penting untuk memastikan bahwa main busbar dirancang dan diinstal sesuai dengan standar keselamatan dan regulasi terkait untuk memastikan operasi yang aman dan andal dalam sistem distribusi daya.Dengan memahami fungsi masing-masing komponen panel listrik, operator dan teknisi dapat menjaga sistem listrik industri tetap aman dan efisien. Penting untuk selalu memahami dan mematuhi standar keselamatan dalam mengoperasikan dan merawat panel listrik guna mencegah risiko kecelakaan dan kerusakan peralatan.

10. Box Panel Listrik

Sebuah box panel listrik, atau yang sering disebut sebagai electrical panel box, adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan dan melindungi semua komponen listrik yang sudah dijelaskan di atas. Box panel listrik umumnya terbuat dari bahan logam yang kokoh dan dilengkapi dengan pintu yang dapat dikunci untuk keamanan. Fungsi utama dari box panel listrik adalah untuk mendistribusikan listrik dari sumber pasokan utama ke berbagai sirkuit listrik di dalam sebuah bangunan atau instalasi industri. Box panel listrik juga memungkinkan akses yang mudah untuk pemeliharaan dan perbaikan komponen listrik di dalamnya.

Leave the first comment

Panel Maker Simetri menjadi solusi terbaik untuk perusahaan anda.

Hubungi Segera:
Bpk. Tri Yudhi Fathoni
WA : 0812 1335 1911
yudhi sales simetri

Follow

2024 © Tri Yudhi - Sales Panel Simetri.

Chat Sekarang
Konsultasikan kebutuhan panel anda segera.