JAKARTA
081274203815

Email
tri.yudhifathoni@sinarmetrindo.co.id

Blog

Mengenal Panel Listrik dan Fungsinya

Panel listrik adalah merupakan salah satu komponen paling penting dalam sistem kelistrikan. Panel listrik berfungsi sebagai pusat pengendalian dan distribusi listrik dari sumber listrik ke berbagai peralatan listrik di dalam sebuah bangunan. Dalam artikel ini, kita akan membhasa dan mengenal panel listrik dan jenis-jenis panel dan fungsinya.

Jenis-jenis Panel Listrik

1. Main Panel

Panel listrik utama adalah panel listrik yang berfungsi sebagai pusat pengendalian dan distribusi listrik dari sumber listrik utama ke seluruh peralatan listrik di dalam sebuah bangunan. Panel listrik utama biasanya terletak di ruang listrik atau di luar bangunan.

2. Sub Panel

Panel listrik sekunder adalah panel listrik yang terhubung dengan panel listrik utama dan berfungsi sebagai pusat pengendalian dan distribusi listrik ke peralatan listrik di bagian-bagian tertentu di dalam sebuah bangunan. Panel listrik sekunder biasanya terletak di dekat peralatan listrik yang akan dikendalikan.

3. Distribution Panel

Panel listrik distribusi adalah panel listrik yang berfungsi sebagai pusat pengendalian dan distribusi listrik ke beberapa peralatan listrik di dalam sebuah bangunan. Panel listrik distribusi biasanya terletak di dekat peralatan listrik yang akan dikendalikan.

Fungsi Panel Listrik

1. Mengontrol dan mendistribusikan listrik

Untuk mengenal panel listrik kita juga harus paham bahwa panel listrik berfungsi sebagai pusat pengendalian dan distribusi listrik dari sumber listrik ke berbagai peralatan listrik di dalam sebuah bangunan. Panel listrik akan mengontrol dan mendistribusikan listrik ke peralatan listrik yang membutuhkan daya listrik.

2. Melindungi peralatan listrik

Panel listrik dilengkapi dengan berbagai jenis proteksi listrik seperti MCB (Miniature Circuit Breaker), MCCB (Molded Case Circuit Breaker), dan RCD (Residual Current Device) yang berfungsi untuk melindungi peralatan listrik dari Kerusakan yang timbul karena aliran listrik yang melebihi batas normal.

3. Memudahkan pemeliharaan

Panel listrik juga memudahkan pemeliharaan sistem kelistrikan. Dengan adanya panel listrik, teknisi listrik dapat dengan mudah mematikan aliran listrik ke peralatan listrik tertentu untuk melakukan perbaikan atau pemeliharaan.

 

Beberapa jenis-jenis panel listrik yang umum digunakan meliputi:

1. Main Distribution Panel (MDP)

Panel listrik ini berfungsi sebagai pusat pengendalian dan distribusi listrik dari sumber listrik ke seluruh peralatan listrik di dalam sebuah bangunan. MDP atau LVMDP umumnya terletak di ruang listrik atau di luar bangunan.

2. Sub Distribution Panel (SDP)

SDP adalah panel listrik yang terhubung dengan panel listrik utama dan berfungsi sebagai pusat pengendalian dan distribusi listrik ke peralatan listrik di bagian-bagian tertentu di dalam sebuah bangunan. SDP umumnya terletak di dekat peralatan listrik yang akan dikendalikan.

3. Panel Synchronizing

Panel ini terdiri dari dua atau lebih genset yang dapat dioperasikan baik secara manual maupun otomatis. Fungsi utama dari panel synchronizing adalah untuk menjaga sinkronisasi antara genset dan sistem listrik.

4. Panel Level Control

Panel ini digunakan untuk mengontrol dan mengatur level air dalam tangki penampungan. Sebagian besar industri pompa air dan rumah tangga yang menggunakan jenis panel listrik ini.

panel listrik pompa simetri

5. Panel Capacitor Bank

Capasitor bank ini bertujuan untuk menyimpan daya listrik, seperti dalam sistem pengendalian soft starter dan sistem pengontrol motor. Panel capacitor bank umumnya terdiri dari kapasitor yang terhubung dengan panel listrik utama.

6. Panel Genset AMF ATS

Panel ini merupakan bagian dari sistem AMF (Automatic Motor Fault Controller) yang digunakan untuk mengontrol motor listrik. Fungsi utama dari panel ini adalah untuk menutup aliran listrik dari sumber jika terjadi kegagalan pada motor.

7. Panel KWH

KWH digunakan untuk menjadi tempat berkumpulnya energi listrik yang dihasilkan oleh genset. Panel ini juga dapat digunakan sebagai alat pengukur daya dengan beban masing-masing.

8. Panel Change Over Switch (COS)

Panel COS adalah panel listrik yang digunakan untuk memutus dan menyambung aliran arus listrik langsung dari pusat ke sistem alternator atau genset. Fungsi utama dari panel ini adalah untuk memastikan rantai listrik selalu terpasang dan tetap berfungsi.

Dalam kesimpulan “mengenal panel listrik”, panel listrik adalah komponen penting dalam sistem kelistrikan yang berfungsi sebagai pusat pengendalian dan distribusi listrik dari sumber listrik ke berbagai peralatan listrik di dalam sebuah bangunan.

Sinar Metrindo Perkasa merukan panel maker yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Jika anda butuh penawaran untuk panel listrik segera hubungi sales dari simetri yaitu yudhi.

Yudhi Fathoni merupakan salah satu sales terbaik simetri yang dapat anda minta penjelasan atau konsultasi dan meminta penawaran harga estimasi untuk kebutuhan panel listrik anda.

1 comment

  • Alvie Herdiansyah

    Saya Alvie dari Tim Tri Yudhi Fathoni Dari Simetri Panel Maker

    Untuk Informasi Terkait juga dapat Hubungi Kontak

    081284580711

Leave your comment

Panel Maker Simetri menjadi solusi terbaik untuk perusahaan anda.

Hubungi Segera:
Bpk. Tri Yudhi Fathoni
WA : 0812 1335 1911
yudhi sales simetri

Follow

2024 © Tri Yudhi - Sales Panel Simetri.

Chat Sekarang
Konsultasikan kebutuhan panel anda segera.